Tutorial Membuat Ruang Kamar 3D dengan Aplikasi Blender

Membuat Ruang 3D dengan aplikasi Blender

Assalamualaikum teman - teman semua, tutorial ini saya buat saat saya kelas 11/12 smk jurusan Multimedia, saya juga belum pandai, jadi jika ada kelasahan mohon dikoreksi di kolom komentar dibawah. semoga membantu walaupun hanya sedikit terimakasih..:)

langsung disimak...

·      Buka aplikasi blender,lalu delete cube (tekan del)


·      Rubah ke view top, tekan shift+C agar cursor berada di tengah. lalu tambahkan plane, perbesar dengan cara tekan S sesuai yang diinginkan.jika sudah beri warna sesuai selera dengan cara klik material>diffuse(pillih warna).

·      Setelah itu untuk membuat dinding tambahkan cube lalu pilih view top,view persp/ortho lalu tipiskan dengan menggunakan scale sumbu merah (x),lalu tinggikan dengan sumbu biru (z).jika sudah beri warna sesuai selera ,material >diffuse .bila ingin diberi model rubah ke edit mode> tambahkan garis bantu dengan cara tekan ctrl+R, dan jika ingin diberi warna yang beda ,seleksi  yang ingin diubah(saat menyeleksi tekan shift dan klik kanan mouse)>material>add a new material(+)>new>diffuse(ubah warna)>asign>A>object mode. Lalu copy dinding menjadi 2 ,dengan cara shift+D>esc>letakan dengan sesuai.untuk merotasi R+Z+90. contoh punya saya yang sudah jadi seperti gambar dibawah... :D 



·      Untuk membuat tempat tidur, tambahkan cube lalu sesuaikan ukuran dengan menggunakan scale. Jika sudah copy menjadi 2 (shift+D) (bagian atas kasur lebih tebal daripada bagian bawah kasur).untuk membuat kaki kasur,pindahkan bagian bawah kasur dibawah lantai,lalu pilih view bottom,rubah ke edit mode>buat garis bantu (ctrl+R) di sisi kanan,kiri,atas,bawah (2 kali)> seleksi kotak yang akan dijadikan kaki kasur(saat menyeleksi tekan shift dan klik kanan mouse)> pilih view front>tekan E.untuk senderan kasur pilih bagian atas kasur>view top>buat garis bantu(ctrl+R) di sisi kasur>seleksi(klik kanan mouse) >tekan E. Ubah warna kasur sesuai selera.

·      Untuk bantal dan guling gunakan uv sphere dan cylinder.sesuaikan ukuran bantal dan guling dengan menggunakan scale.agar terlihat mulus >select objek>tools>smooth(pastikan dalam keadaan objeck mode).


·   Untuk membuat meja rias tambahkan cube ,lalu bentuk menjadi persegi panjang.jika sudah rubah ke edit mode>beri garis bantu (ctrl+R) di tengah cube >view right>seleksi bagian kiri dan bawah kiri dengan face select(saat menyeleksi tekan shift dan klik kanan mouse)>tekan del>faces. Untuk menambahkan face pada bagian kanan meja agar tidak terlihat bolong,  seleksi garis – garis menggunakan edge select lalu tekan ctrl+F>make edge/face.dan untuk bagian kaca tambahkan cube lalu tipiskan menggunakan scale ,juga tambahkan cylinder rotasikan (R+Y+90) lalu tipiskan dengan menggunakan scale,beri warna putih.

· Tambahkan cube untuk lacinya.beri ukuran dengan sesuai,jika sudah copy menjadi 2 (shift+D),beri gagang laci menggunakan cube/cylinder.letakkan dengan sesuai
.

·      Untuk membuat kursi rias,tambahkan cube atur ukuran dengan menggunakan scale(bagian atas kursi lebih tipis dibanding bagian bawah kursi),bagian bawah kursi diturunkan hingga dibawah lantai,lalu pilih view bottom buat kaki kursi dengan cara membuat garis bantu ,rubah ke edit mode>ctrl+R(sisi kanan,kini,atas,bawah)>seleksi dengan face select (saat menyeleksi tekan shift dan klik kanan mouse)>view front>tekan E.



·    Untuk membuat lemari,tambahkan cube bentuk menjadi persegi panjang (ukuran lemari) dengan scale. Tambahkan cube untuk pintu atur ukuran dengan scale(tipiskan) setelah itu tinggal di copy (shift+D+esc) geser kesisi kanan lemari ,jika ingin dibuat menjadi laci tinggal diperkecil saja dengan scale biru(Z).buatlah gagang pintu dengan menggunakan cube/cylinder.



·      Untuk membuat lemari buku,tambahkan cube bentuk menjadi persegi panjang, rubah ke edit mode >beri garis bantu (ctrl+R)> tekan shift sambil seleksi bagian atas dan tengah dengan face select>tekan del>face.tambahkan face agar tidak terlihat bolong dengan cara selesksi garis – garis dengan edge select(pada saat menyeleksi tekan shift)>ctrl+F>make edge/face.tambahkan cube untuk laci lemari ,dan beri gagang dengan cube/cylinder.


·         Buat pintu dengan menambahkan cube ,atur ukuran dengan menggunakan scale, dan beri gagang pintu menggunakan cylinder.


·   Untuk membuat AC ,tambahkan cube bentuk menjadi persegi panjang,pilih view top >edit mode>beri garis bantu di sisi kanan (ctrl+R) >seleksi garis sisi paling kanan dengan edge select>turunkan dengan panah biru(Z)>objeck mode>tools>smooth.rubah ke edit mode lagi>view right>select bagian kotak depan dengan face select>beri garis bantu 4(ctrl+R)>seleksi bagian 2 dan 4 dengan face select(saat menyeleksi tekan shift dan klik kanan mouse)>tekan del>face.



·      Buat lampu kamar, gunakan cylinder sesuaikan ukuran dengan scale,jika sudah rubah ke edit mode>seleksi bagian atas cylinder dengan face select>tekan S(diperkecil dibandingkan bagian bawah cylinder). Buat tiang lampu dan alasnya dengan cylinder atur ukuran  dengan scale


·         Untuk membuat tong sampah,tambahkan cylinder atur ukuran dengan scale.jiak sudah rubah ke edit mode>seleksi bagian atas cylinder dengan face select>tekan s (perbesar) >tekan del>face>objeck mode>tools>smooth.


·         Untuk membuat buku, tambahkan cube bentuk menjadi seperti buku dengan scale ,jika sudah jadi satu tinggal dicopy saja dengan cara tekan shift+D ,dan rubah warna sesuai yang diinginkan.


·     Jika sudah beri lampu, view top> lampu 1 dicopy dengan cara tekan shift+D+esc>lampu 2 dirubah menjadi no shadow>copy lampu 2 hingga menjadi 4 >letakkan lampu dengan sesuai (ditengah 1<yang bershadow> dan  diseiap sisi 1 , jadi total ada 5 lampu)seperti gambar dibawah..


·     Jika sudah atur camera ,dengan cara menggeser kamera hingga dapat memenuhi 1 ruangan ,untuk melihatnya pilih view camera .jika sudah pas kameranya,akan seperti gambar dibawah ini.


·         Jika sudah render image (F12) lalu jika ingin disimpan menjadi jpeg tekan F3> rubah save as image : jpeg >beri judul dan pilih folder untuk menyimpan >save as image>kembali(F11)




·         Save blender file dengan cara  >file>save as> beri judul dan pilih folder untuk menyimpan >save as blender file.


Hasil Jpeg

Note :
maaf ya kalau membingungkan hehe salam kenal semua 
- Alma 

Comments

Post a Comment

Popular Posts