Tutorial Membuat Ruang Kamar 3D dengan Aplikasi Blender
Membuat Ruang 3D dengan
aplikasi Blender
Assalamualaikum teman - teman semua, tutorial ini saya buat saat saya kelas 11/12 smk jurusan Multimedia, saya juga belum pandai, jadi jika ada kelasahan mohon dikoreksi di kolom komentar dibawah. semoga membantu walaupun hanya sedikit terimakasih..:)
langsung disimak...
· Buka aplikasi
blender,lalu delete cube (tekan del)
· Rubah ke view top,
tekan shift+C agar cursor berada di tengah. lalu tambahkan plane, perbesar
dengan cara tekan S sesuai yang diinginkan.jika sudah beri warna sesuai selera
dengan cara klik material>diffuse(pillih warna).
· Setelah itu untuk
membuat dinding tambahkan cube lalu pilih view top,view persp/ortho lalu
tipiskan dengan menggunakan scale sumbu merah (x),lalu tinggikan dengan sumbu
biru (z).jika sudah beri warna sesuai selera ,material >diffuse .bila ingin
diberi model rubah ke edit mode> tambahkan garis bantu dengan cara tekan
ctrl+R, dan jika ingin diberi warna yang beda ,seleksi yang ingin diubah(saat menyeleksi tekan shift dan klik kanan
mouse)>material>add
a new material(+)>new>diffuse(ubah warna)>asign>A>object
mode.
Lalu copy dinding menjadi 2 ,dengan cara shift+D>esc>letakan dengan
sesuai.untuk merotasi R+Z+90. contoh punya saya yang sudah jadi seperti gambar dibawah... :D
·
Untuk membuat tempat tidur,
tambahkan cube lalu sesuaikan ukuran dengan menggunakan scale. Jika sudah copy
menjadi 2 (shift+D) (bagian atas kasur lebih tebal daripada bagian bawah
kasur).untuk membuat kaki kasur,pindahkan bagian bawah kasur dibawah
lantai,lalu pilih view bottom,rubah ke edit mode>buat garis bantu (ctrl+R)
di sisi kanan,kiri,atas,bawah (2 kali)> seleksi kotak yang akan dijadikan
kaki kasur(saat menyeleksi tekan
shift dan klik kanan mouse)> pilih view front>tekan
E.untuk senderan kasur pilih bagian atas kasur>view top>buat garis
bantu(ctrl+R) di sisi kasur>seleksi(klik kanan mouse) >tekan E. Ubah warna kasur
sesuai selera.
·
Untuk bantal dan guling gunakan uv
sphere dan cylinder.sesuaikan ukuran bantal dan guling dengan menggunakan
scale.agar terlihat mulus
>select objek>tools>smooth(pastikan dalam keadaan objeck mode).
· Untuk membuat meja rias tambahkan
cube ,lalu bentuk menjadi persegi panjang.jika sudah rubah ke edit mode>beri
garis bantu (ctrl+R) di tengah cube >view right>seleksi bagian kiri dan bawah kiri dengan face
select(saat menyeleksi tekan shift
dan klik kanan mouse)>tekan del>faces. Untuk menambahkan face pada bagian kanan meja
agar tidak terlihat bolong, seleksi
garis – garis menggunakan edge select lalu tekan ctrl+F>make edge/face.dan
untuk bagian kaca tambahkan cube lalu tipiskan menggunakan scale ,juga
tambahkan cylinder rotasikan (R+Y+90) lalu tipiskan dengan menggunakan
scale,beri warna putih.
· Tambahkan cube untuk
lacinya.beri ukuran dengan sesuai,jika sudah copy menjadi 2 (shift+D),beri
gagang laci menggunakan cube/cylinder.letakkan dengan sesuai
.
· Untuk membuat kursi rias,tambahkan cube atur ukuran dengan menggunakan
scale(bagian atas kursi lebih tipis dibanding bagian bawah kursi),bagian bawah
kursi diturunkan hingga dibawah lantai,lalu pilih view bottom buat kaki kursi
dengan cara membuat garis bantu ,rubah ke edit mode>ctrl+R(sisi
kanan,kini,atas,bawah)>seleksi dengan face select (saat menyeleksi tekan shift dan klik kanan
mouse)>view front>tekan E.
· Untuk
membuat lemari,tambahkan cube bentuk menjadi persegi panjang (ukuran lemari)
dengan scale. Tambahkan cube untuk pintu atur ukuran dengan scale(tipiskan)
setelah itu tinggal di copy (shift+D+esc) geser kesisi kanan lemari ,jika ingin
dibuat menjadi laci tinggal diperkecil saja dengan scale biru(Z).buatlah gagang
pintu dengan menggunakan cube/cylinder.
· Untuk membuat lemari buku,tambahkan cube bentuk menjadi persegi panjang,
rubah ke edit mode >beri garis bantu (ctrl+R)> tekan shift sambil seleksi
bagian atas dan tengah dengan face select>tekan del>face.tambahkan face
agar tidak terlihat bolong dengan cara selesksi garis – garis dengan edge
select(pada saat menyeleksi tekan shift)>ctrl+F>make edge/face.tambahkan
cube untuk laci lemari ,dan beri gagang dengan cube/cylinder.
·
Buat pintu
dengan menambahkan cube ,atur ukuran dengan menggunakan scale, dan beri gagang
pintu menggunakan cylinder.
· Untuk
membuat AC ,tambahkan cube bentuk menjadi persegi panjang,pilih view top
>edit mode>beri garis bantu di sisi kanan (ctrl+R) >seleksi garis sisi
paling kanan dengan edge select>turunkan dengan panah biru(Z)>objeck
mode>tools>smooth.rubah ke edit mode lagi>view right>select bagian
kotak depan dengan face select>beri garis bantu 4(ctrl+R)>seleksi bagian
2 dan 4 dengan face select(saat menyeleksi tekan shift dan klik kanan mouse)>tekan
del>face.
· Buat lampu kamar, gunakan cylinder sesuaikan ukuran dengan scale,jika
sudah rubah ke edit mode>seleksi bagian atas cylinder dengan face
select>tekan S(diperkecil dibandingkan bagian bawah cylinder). Buat tiang
lampu dan alasnya dengan cylinder atur ukuran dengan scale
·
Untuk membuat tong sampah,tambahkan cylinder atur ukuran dengan scale.jiak
sudah rubah ke edit mode>seleksi bagian atas cylinder dengan face
select>tekan s (perbesar) >tekan del>face>objeck
mode>tools>smooth.
·
Untuk
membuat buku, tambahkan cube bentuk menjadi seperti buku dengan scale ,jika
sudah jadi satu tinggal dicopy saja dengan cara tekan shift+D ,dan rubah warna
sesuai yang diinginkan.
· Jika sudah beri lampu, view top> lampu 1 dicopy dengan cara tekan
shift+D+esc>lampu 2 dirubah menjadi no shadow>copy lampu 2 hingga menjadi
4 >letakkan lampu dengan sesuai (ditengah 1<yang bershadow> dan diseiap sisi 1 , jadi total ada 5
lampu)seperti gambar dibawah..
· Jika sudah
atur camera ,dengan cara menggeser kamera hingga dapat memenuhi 1 ruangan ,untuk
melihatnya pilih view camera .jika sudah pas kameranya,akan seperti gambar
dibawah ini.
·
Jika sudah
render image (F12) lalu jika ingin disimpan menjadi jpeg tekan F3> rubah save as image : jpeg >beri judul dan pilih
folder untuk menyimpan >save as image>kembali(F11)
·
Save blender file dengan cara >file>save as> beri judul dan pilih
folder untuk menyimpan >save as blender file.
Hasil Jpeg
Note :
maaf ya kalau membingungkan hehe salam kenal semua
- Alma
Bagus, gan.
ReplyDelete